Kolom Investasi Kerjasama

Selamat Datang Dan Berbagi Ilmu Pengetahuan

Salam kunjung!

Dengan mengunjungi Blog saya, saya berharap anda kan tumbuh jiwa wirausaha baru sehingga tercipta lapangan kerja baru yang tangguh dan berjaya di bumi pertiwi INDONESIA, meski pemerintah kita belum siap untuk konsisten menjalankan pemberdayaan sejati yang berbasis Output/ Hasil nyata dari program yang diterapkan dan berpaku pada laporan / data belaka.

Salam Enterpreneur Sejati!!

Minggu, 28 Maret 2010

Celah Bisnis Busana Ibu Menyusui




Sabtu, 23/1/2010 | 16:50 WIB

KOMPAS.com - Menyusui merupakan pengalaman personal bagi setiap ibu, baik bagi ibu pekerja maupun ibu rumah tangga. Sayangnya, belum semua tempat atau gedung di Indonesia ini yang menyediakan ruang laktasi. Akhirnya, ketika sang ibu tengah berada di ruang publik dan harus menyusui, terpaksalah ia membuat penutup payudara seadanya.

Peluang inilah yang kemudian ditangkap oleh Jovita Roland (30) untuk membuka bisnis apparel untuk ibu menyusui.

"Awalnya dimulai dari kebutuhan pribadi saat menyusui dua anak saya. Pernah juga dikirimi baju untuk ibu menyusui dari luar negeri, dan rasanya kok sangat memudahkan ibu ketika menyusui tanpa merasa risih dan praktis. Cara ini juga nyaman untuk ibu dan bayi," papar ibu dua anak yang memulai mengenalkan apparel ibu menyusui sejak 2007, kepada Kompas Female.

Dengan mengusung merek Milky Way untuk produk busana ibu menyusui ini, Jovita mulai mendapat penjualan pertamanya pada Februari 2008. Produknya mulai dari atasan (tops), terusan (dress), tank top, hingga sleeping bra.

Dengan harga bervariasi mulai dari Rp 75.000 untuk tank top, Rp 80.000 untuk bra, hingga Rp 600.000 untuk dress dengan bahan kualitas super.

Antrian panjang di dokter anak saat check up, menjadi kesempatan emas untuk membuka peluang bisnis. Saat antri, dan anak butuh ASI, model busana menyusui ini menjadi solusi jitu. Si ibu tak akan merasa risih karena desain baju sama sekali tidak menonjolkan payudara, sedangkan si bayi nyaman karena masih leluasa melihat sekelilingnya.

"Ketika teman lihat cara saya menyusui, mulailah mereka pesan," ujar Jovita, yang mengaku mulai menjadikan usaha sejak anak keduanya berusia sekitar enam bulan.

Networking menjadi modal
Pergaulan dengan teman desainer semasa kuliah membekali Jovita untuk yakin memulai bisnis fashion ini. Dengan mengajak rekanan penjahit berpengalaman, Jovita mulai membuka konveksi khusus untuk busana ibu menyusui di dekat tempat tinggalnya kawasan Lebak Bulus, Jakarta, bermodalkan Rp 20 juta.

Pemasaran dengan pola ketuk pintu, website, atau mailing list (milis) menjadi kunci andalan. Terbukti, produknya laku di pasaran. Jovita berujar, produknya kemudian bukan sekadar fashion namun menjadi kebutuhan bagi para ibu yang menginginkan kepraktisan.

"Bahkan di coffee shop, si ibu bisa leluasa menyusui bayinya, karena bahan baju yang stretch tanpa restleting atau kancing membuat ibu percaya diri karena bagian pribadinya tidak terlihat. Meski begitu, bisa tetap tampil stylish," paparnya.

Menggunakan 100 persen bahan lokal produksi Bandung, Milky Way berhasil memanjakan ibu menyusui dengan desain busana mengikuti tren terkini. Pangsa pasarnya saja sudah merambah ke berbagai kota besar Indonesia hingga Aceh.

Dalam kurun waktu dua tahun, pendapatan rata-rata per bulan mencapai Rp 25 juta kontribusi dari sistem reseller dan direct selling.

Kolaborasi para ibu
Jovita merasakan betul, ketika masa menyusui, kegiatan yang menghibur adalah jadwal berkunjung ke dokter anak. Karena saat itulah ia bisa bertemu para ibu menyusui lainnya, dan kesempatan untuk memperkenalkan produknya.

"Banyak waktu kosong saat masa hamil dan menyusui, dan tak sedikit para ibu yang menjadi canggung dengan kondisi tak menyenangkan itu. Buat yang bekerja, misalkan cuti sekian bulan tanpa kegiatan menjadi kebiasaan baru yang tak menarik. Menjadi menarik ketika bisa saling mengisi," kisahnya.

Bermula dari pengalaman itulah, Jovita membuka peluang kerjasama dengan para ibu yang berniat menambah pendapatan mengisi waktu kosong saat menyusui dengan menjual produk khusus ibu menyusui.

Mempermudah diri sendiri dan membantu orang lain menemukan kemudahan itu menjadi niatan terdalam bagi Jovita dalam menawarkan produknya. Lebih lagi jika pada akhirnya banyak ibu yang bisa mendapat keuntungan materi dari sini dengan sistem reseller.

Selain reseller, Jovita membangun sistem konsinyasi dengan sejumlah toko perlengkapan bayi, di antaranya Babyboo Shop di Kebayoran Baru.

Bagi ibu menyusui yang merasa perlu tampil gaya sekaligus memberi nyaman untuk buah hati, produk semacam ini bisa menjadi solusi.

Info kerjasama reseller:
email: info@onlinemilkyway.com
YM/Gtalk: jovitaroland

C1-10

Editor: din

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, Kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi perbaikan informasi